Panduan Grooming Kucing Sendiri di Rumah yang Murah Meriah

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Email

Table of Contents

Grooming kucing menjadi satu kebutuhan bagi pemiliknya. Namun, bagi kamu yang berkantong pas-pasan nih, grooming terkadang membebani juga. Supaya kantong terselamatkan dan kucing tetap bersih, kamu bisa grooming kucingmu sendiri lho!

Tidak sulit sebenarnya dalam melakukannya, tetapi perlu latihan sendiri. Sebab harus hati-hati memang dalam melakukannya. Kucing adalah hewan sensitif sehingga apabila ada kesalahan dalam grooming bisa berpengaruh pada perilakunya juga.

Oleh karena itu, kamu harus paham betul bagaimana grooming kucing yang baik dan benar.

Menyisir Bulu Kucing

Terkadang ada beberapa bulu menggumpal dan mengandung kotoran. Sebelu memandikannya, sisiri dulu bulunya. Sisir dengan betul sampai bulu benar-benar lembut dan bersih.

Kemungkinan pasti akan ada bulu-bulu rontok yang masih menempel di tubuh kucing. Biasanya bulu itu akan ikut tertelan ketika kucing sedang bersih-bersih dan akan dimuntahkan ketika sudah menggumpal.

Tetapi kasihan juga kan melihat kucing harus muntah? Lebih baik disisir saja ya agar lebih bersih dan rapi.

Memotong Kuku

Kucing ditakdirkan memiliki kuku tajam. Bukan tanpa alasan, karena memang dari alam ia memiliki naluri sebagai pemburu. Seekor karnivora ketika berada di alam. Sehingga Tuhan membekali kucing dengan kuku yang tajam.

Nah, ketika kucing hanya berdiam di rumah alangkah lebih baik kalau kukunya dipotong saja. Sebab ketika dibiarkan panjang ia pasti akan menggaruk-garukkan kuku ke sembarang tempat.

Salah-salah justru perabotan rumah yang akan menjadi korbannya guys! Jadi pastikan untuk memotong kuku kucing secara teratur ya! Ketika sudah mulai panjang, boleh kamu potong deh!

Membersikan Telinga

Telinga kucing seringkali menjadi sarang kotoran. Kalau tidak sering dibersihkan, akan menimbulkan berbagai hal buruk. Salah satunya mengundang kuman dan kutu yang jahat.

Demi menghindari hal itu, pastikan untuk rutin membersihkan telinga kucing. Bersihkan paling tidak seminggu sekali sampai telinga benar-benar bersih. Dengan begitu, tidak akan ada kuman dan penyakit yang mengganggu sehingga telinga kucing tidak akan terasa gatal.

Membersihkan Area Mata

Mata kucing juga tak lepas dari resiko kotoran. Agar tidak menimbulkan efek buruk, bersihkan mata mereka dalam aktivitas grooming ini.

Mata yang bersih akan membuat penglihatan lebih baik. Aktivitas ini sangat penting terlebih kucing masih berada pada usia kecil. Karena sangat banyak kucing kecil yang mengalami permasalahan pada mata karena tidak dibersihkan oleh induk maupun ownernya.

Memandikan Kucing

Langkah terakhir adalah mandikan. Yap, mandikan kucing dengan menggunakan sampo khusus guys! Jangan gunakan sampo lain ya karena belum tentu cocok dengan karakter rambut kucing.

Dan sampo lain tentu saja akan merusak pertumbuhkan rambut kucing. Bersihkan rambut kucing hingga mencapai bagian kulit. Biarkan debu yang menempel ikut larut bersama air.

Setelah usai, keringkan dengan handuk dan hair dryer agar kucing tidak kedinginan. Dan selesai sudah langkah grooming ini!

Sangat sederhana kan melakukan grooming kucing itu! Nah, demi menghemat anggaran, kamu lakukan langkah grooming di rumah saja! Selain hemat, kamu pun bisa memantau kebersihannya langsung. Selamat bergrooming ria!

This Post Has 9 Comments

Leave a Reply

Artikel Lainnya