Kucing Anggora dan Kucing Persia, Samakah?

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Email

Table of Contents

Kucing persia dan anggora merupakan kucing yang paling populer dipelihara di Indonesia.

Banyak yang bilang, kedua kucing ini sama. Sama-sama kucing persia tapi beda jenis. Namun banyak juga pecinta kucing yang menganggapnya berbeda.

He he.. Yang penting maksudnya sama ya? Nggak peduli keduanya berasal dari jenis yang beda atau nggak.

Pecinta kucing mungkin sudah nggak susah bedain keduanya. Tapi buat pemula, keduanya nampak sama.

Asal Kucing Anggora dan Kucing Persia

Bagi Cat Lovers yang menganggap kedua kucing sama jenis, kedua kucing sama-sama berasal dari Persia.

Namun, lebih banyak lagi yang menganggap berbeda.

Kucing Anggora diyakini berasal dari Turki. Kucing yang merupakan ras tertua yang masih hidup sampai sekarang ini dikenal sejak tahun 1600-an. Udah lama banget ya?

Ho ho.. Sesuai dengan namanya, kucing persia berasal dari Persia atau Iran sekarang. Jauh banget lah dari Turki!

Pada tahun 1620, kucing dibawa ke Italia dan mulai dikenal. Kucing Persia yang ada sekarang merupakan hasil perkembangbiakkan di Amerika Serikat.

Wajah Kucing Anggora dan Kucing Persia

Wajah kucing anggora bentuknya segitiga. Dari atas sampai dagu agak runcing dengan hidung panjang. Mirip banget dengan kucing domesting atau kucing liar yang ada di sekitarmu. Warna matanya juga demikian.

Tidak demikian dengan kucing persia. Kucing ini berwajah datar karena hidungnya pendek dan wajahnya bulat chubby. Tapi guys, mata kucing persia warnanya variasi sesuai dengan warna tubuh.

Tubuh Kucing Anggora dan Kucing Persia

Dekatkanlah kedua kucing dalam satu frame atau lihatlah secara bersamaan!

Kucing anggora punya tubuh lebih langsing daripada kucing persia. Ditopang kaki yang lebih panjang. Tulang-tulangnya nampak menonjol dan bagus.

Kucing persia lebih gemuk guys! Cocok untuk dibelai-belai dan dipeluk. Kakinya yang pendek membuat mereka tampak lebih besar secara keseluruhan.

Bulu Kucing Anggora dan Kucing Persia

Bulu kucing anggora tidak setebal dan sepanjang kucing persia. Bagian yang paling lebat dan panjang hanya ekornya saja.

Beda banget dengan kucing persia yang sebagian besar jenisnya berbulu tebal mengkilap di seluruh tubuh.

Perawatan Kucing Anggora dan Kucing Persia

Secara umum keduanya dirawat dengan cara yang sama. Hanya saja kalau kamu memelihara kucing persia harus rajin grooming. Kalau nggak, bulunya yang tebal akan terlihatn kusut, dapat rontok, bahkan berkutu.

Karakteristik Kucing Anggora dan Kucing Persia

Kucing anggora mempunyai karakteristik lebih aktif dibandingkan kucing jenis persia. Mereka lebih mudah diajak bermain, berlari, dan melompat.

Perhatikan saja cara berjalan kucing ini yang luwes banget. He he.. kayak pragawan ya?

Kucing persia lebih banyak tidur dan senang berbaring. Cara berjalan mereka lebih lambat dan santai. Mungkin karena mereka lebih gemuk ya?

Kesehatan Kucing Anggora dan Kucing Persia

Kucing anggora punya daya tahan tubuh lebih kuat dibandingkan kucing jenis persia. Mereka nggak mudah terserang penyakit. Kalaupun ada, sama dengan penyakit kucing pada umumnya.

Persia cat lebih rentan terganggu kesehatannya.

Sedikit saja makan berlebiih mereka bisa obesitas dan terganggu organ tubuhnya. Makanan tidak seimbang dengan gerakan tubuh yang cenderung diam. Belum lagi masalah pernapasan yang sering berbunyi, kutu yang mungkin hinggap di bulu yang tebal, dan lain-lain.

Beda banget kan guys kucing anggora dan persia?

Katanya sih, kucing anggora lebih mahal dibandingkan kucing persia. Mereka jarang banget yang asli jenisnya. Di negara asalnya kucing tidak boleh diekspor! Makanya lebih mahal.

Kalau soal pilihan sih, tergantung selera kamu! Suka yang pendiam atau aktif. Suka yang berbulu tebal atau nggak, dan sebagainya.

This Post Has 9 Comments

Leave a Reply

Artikel Lainnya